REBMAGZ

Eksperimentasi Akustika 2

Gig dengan semangat etos do it your self (D.I.Y) mungkin saat ini sudah biasa digelar di kampus UNPAD, tapi ada satu gig monumental yang memulai semuanya itu, yakni “Eksperimentasi Akustika” yang digelar pada tahun 2004 silam.

Sebelum digelarnya gig “Eksperimentasi Akustika”, acara-acara musik di kampus UNPAD (Jatinangor) masih didominasi oleh format-format lama yang bergaya ala festival musik tradisional dan pensi. Hingga akhirnya empat orang mahasiswa FASA berjiwa resah: Galih, Dayat,  Sandya dan Dede memiliki insiatif untuk membuat sebuah gig musik mandiri tanpa desakan pihak sponsor, otoritas kampus, keamanan dan tetek bengek lainnya.

“Eksperimentasi Akustika” edisi pertama digelar pada tahun 2004, dengan mengandalkan peralatan minim seadanya. Saat itu keempat pemuda tersebut menggelar gig hanya dengan bermodalkan gear musik dan amplifier pinjaman, dekor seadanya, bahkan listrik pun nyuri dari gedung kampus (yang akhirnya malah minta listrik di mobil OB van sebuah radio dangdut lokal!).

Semenjak gig tersebut ‘sukses’ para mahasiswa di kampus UNPAD yang juga berjiwa resah mencoba untuk membuat gig dengan cara tersebut, yang cukup memiliki modal: niat. Kapanpun, di manapun. Tidak terpaku dengan perijinan keamanan dan otoritas kampus.

Setelah itu para mahasiswa tak lagi takut untuk membuat acara musik mereka sendiri. Semua pihak bisa membuat ‘pestanya’ sendiri. Meski rintangan banyak, tapi tetap jalan terus!

Meski saat itu, keempat anak tersebut, tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan, namun secara tak sengaja justru mereka telah membuat sebuah ‘blueprint’ dari contoh gig DIY ideal untuk diterapkan di kampus UNPAD.

Selang hampir sembilan tahun berlalu keempat pemuda yang disebutkan di atas kembali menggelar “Eksperimentasi Akustika” untuk edisinya yang kedua. Masih bertemakan musik akustik dengan edgy eksperimental, yang kali ini akan mengajak beberapa musisi neo-folk dan akustik asal Bandung dan Jakarta untuk bermain di dalamnya. Mereka adalah:

SAGUARO
Duo pop-folk / acoustic yang terdiri dari Cahyo Harimurti & Maryam Supraba. Berdiri sejak tahun 1997 di ITB Bandung. FYI, Maryam Supraba adalah putri dari almarhum WS.Rendra.

Saguaro sempat pula terlibat dalam album kompilasi Panggung Band 2000 (2000) hasil kerjasama RCTI & EMI dengan menempatkan lagu “Gadis Penari” di dalamnya. Selain itu, Saguaro juga pernah ikut di album kompilasi lainnya seperti OST Festival Lingkungan (2000).

DEUGALIH & FOLKS
Kolektif folk-rock yang kini sedang naik daun di Bandung. Sedang mempersiapkan debut album mereka.

TEMAN SEBANGKU
Boy-girl pop-folk / acoustic duo asal Bandung yang saat ini cukup ditanggap di scene neo-folk Bandung. Mereka pun kemarin-kemarin baru tampil di program RadioShow TV One.

NADA FIKSI
Lagi, duo folk asal Bandung. Lumayan eksis juga di scene neo-folk lokal. Sedang mempersiapkan debut EP mereka.

RAYHAN SUDRAJAT
Rayhan Sudrajat, frontman dari band experimental-rock / alternative ternama asal Bandung, Vickyvette, yang kini berganti nama menjadi Cathuspatha.

Entah, sudah berapa rilisan solo digital yang dikeluarkan oleh Rayhan, but most of’em are brilliant!

GALANT
Solois pop / acoustic / soul / RnB asal Bandung yang kini sedang digandrungi oleh kalangan indie-kids lokal. Galant sendiri juga bermain di banyak band seperti: Deugalih & Folks, 70s Orgasm Club, Sarasvati, Serigala Jahanam, S0rra dan masih banyak lagi. Galant saat ini sedang menggarap album solonya yang kedua. Well, sort of..

LEDAKAN URBANISASI
Band ini justru kebalikan dari semuanya; anti-folk. Yes, proyek anti-folk / weird-folk dari antah-berantah yang akan membuat penonton berhamburan. Selalu ada kejutan di tiap penampilannya.

PRABU PRAMAYOUGHA
Prabu, frontman dari band pop-punk seminal berumur pendek, yakni Saturday Night Karaoke. Rilisan solo perdana Prabu yang berjudul Ya! juga baru dirilis CD-nya oleh label dari Jepang, SP Records.

MR. SONJAYA
Band pop-folk / acoustic asal Bandung yang akan menawarkan keceriaan khas mereka.

DISTANT YEARNING ALERT
Proyek solo electronic / experimental dari Sandya Maulana, yang mana merupakan salah satu staf pengajar di UNPAD.

__________

Eksperimentasi Akustika

Sabtu, 28 Juli 2012
Pkl. 15.00 – 22.00 WIB
Taman UKM (Pinggir Kolam Fakultas Perikanan)
UNPAD, Jatinangor

Gratis!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: