REBMAGZ

Euforia Indonesian Frengers

Sebentuk dukungan dan wujud kecintaan dari para penggemar untuk sang idola.

Entah disengaja atau tidak, perhelatan sebuah acara tribut bertajuk “Mewphoria” yang diselenggarakan oleh Frengers Indonesia (sebutan untuk penggemar Mew di Indonesia) hanya berselang satu minggu dari penampilan sang idola di Surabaya. Bisa dibilang, “Mewphoria” menjadi semacam afterparty bagi mereka yang telah menyaksikan Mew dkk di kota pahlawan.

Seorang teman bahkan berkata bahwa acara ini juga semacam ajang pembuktian bagi anak muda yang merasa mampu menandingi kehebatan Jonas dkk. Tapi apapun tanggapannya, euforia akan Mew memang tidak berlebihan, jika memori akan penampilan mereka di Java Rockin Land 2009 silam, yang mengundang ribuan Frengers mampir ke Pantai Karnavol Ancol, dihidupkan kembali di sini. Diundangnya band yang meledak lewat album Frengers ke Jakarta menjadi bukti bahwa mereka sudah memiliki tempat tersendiri di hati dan pemutar mp3 pecinta musik Indonesia.

Di Newseum Café, tanggal 18 Desember lalu, saya mencoba bernostalgia sembari mencari bakat-bakat baru dari skena indie yang memanfaatkan Am I Wry, The Zookeeper’s Boy, Special dan sederet lagu lain untuk ditampilkan.

Konon, band yang handal, selain dapat menciptakan musik yang orisinil, juga dapat memainkan karya musisi lain dengan meyakinkan. Benar tidaknya pernyataan tersebut kiranya dapat dibuktikan pada acara yang diramaikan oleh sekumpulan muda-mudi ibukota ini.

Dan pada malam tersebut, terbukti bahwa memang hanya Iman Fattah yang terlihat sudah cukup dewasa, sesuai dengan perannya sebagai “pengawas” permainan Hey!Down. Tampil tidak terlalu menonjol, Iman didaulat menjadi dirigen penampilan Hey!Down yang tampil santai dan terlihat menikmati waktu mereka di atas panggung. Iman bermain layaknya seorang senior yang baik tanpa harus mendikte kawan-kawan mudanya.

Penampilan lain yang cukup unik adalah kolaborasi sebuah Macbook dengan Mew di bawah identitas Vibrick. Sebuah proyek solo chiptunes dari Vishnu Panji Pradana. Hasilnya? Persembahan yang mampu memekakkan telinga!

Beruntung, eksperimen yang menurut beberapa orang cukup menjengkelkan karena merusak aransemen asli dari 156, dan Her Voice Is Beyond Her Years ini agak tertolong oleh sesosok manis yang mendampingi Vishnu di atas pentas. Belakangan baru saya ketahui bahwa nama sang dara adalah Kania Fastidianti. Dalam penampilan Vibrick kali ini, Kania—begitu mungkin ia akrab disapa—turut membantu mengisi departemen vokal.

Proyek ini bertanggung jawab penuh atas perombakan total karya Mew pada lagu-lagu tersebut. Namun harus diakui bahwa suara perempuan yang diramu dengan gaya permainan chiptunes menjadi penyegar di malam tersebut. Bukan lantaran karena paras sang penyumbang suara, melainkan karena performa band lain yang sebagian besar tampil apa adanya.

Sajian yang dihidangkan penampil lainnya memang mampu membuat kenyang, tetapi tidak menyisakan rasa yang bertahan di lidah, atau kuping, dalam hal ini. Band-band seperti Panda, Kezia, Simetri Lipat, dan Weekend with Radio, belum kuasa membuat pengunjung memejamkan mata dan membayangkan hutan pinus, atau danau-danau yang ada di Skandinavia.

“Mewphoria” pun akhirnya ditutup oleh penampilan L’Alphalpha yang cukup berhasil membangkitkan euforia penonton.

Teks oleh Fajri Siregar
Foto oleh Yanti Kusumadewi

Iklan

2 comments on “Euforia Indonesian Frengers

  1. noname
    Januari 6, 2011

    beuh mindrecorder gak ada “-.-

  2. Humanoid
    November 17, 2011

    Banyak juga ya frengers indonesia. Aku juga salah satunya. Temen2ku pada umumnya gak kenal Mew. Kata mereka, lagu2 Mew gak familiar&aneh. Menurutku gak aneh sama skali.. Bagus2 smua tauk, bner2 nyeni, pokoknya Mew emang joss!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 28, 2010 by in REPORTASE and tagged , , , , , , , , , , , , .
%d blogger menyukai ini: