REBMAGZ

ZOO – Kebun Binatang

sleeve_art_zoo_01

 

Untuk sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal Zoo. Tapi, bagi yang sering mengunduh rilisan-rilisan ciamik nan edan dari Yes No Wave Music, sebuah net-label yang disinyalir net-label lokal pertama asal Jogja, mungkin sudah tidak asing dengan band keren dan unik ini.

Lupa tepatnya kapan Yes No Wave merilis demo album Zoo yang bertitel Kebun Binatang ini. Tapi itu tidak penting. Yang penting adalah mereka ada dan memiliki karya yang berbeda. Ya, karena saya belum pernah menemukan rilisan musik yang beda macam ini di skena independen lokal. Walaupun saya tidak pintar mengkategorisasikan musiknya apa tapi mereka memiliki komposisi lagu yang cukup unik. Perpaduan etnik dan unsur matematis dalam lagu cukup membuat orang mumet mendengar lagu-lagunya. Namun, bagi kalian yang mencari unsur beda dalam sebuah produk musik, Zoo saya rekomendasikan.

Rilisan ini berisi 6 lagu dengan keseluruhan trek yang berdurasi hanya 14 menit 2 detik. Meskipun mereka hanya bertiga, tapi bisa dirasakan sebuah sentuhan musik yang memiliki konsep kuat. Tipikal permainan drum yang menghentak dengan tempo cepat dan sulit ditebak. Begitu juga dengan teknik vokal yang tidak biasa. Coba saja dengarkan. Anda akan mendengar seperti sedang dibaca-bacai mantra oleh sang vokalis.

Ketiga orang dalam band ini memang kreatif. Mereka tidak asal-asalan dalam membuat sebuah karya musik. Semuanya terkonsep begitu baik. Mencoba menghindarkan permainan yang setipe dengan band lain dan terkesan tipikal. Mereka membuat sebuah produk musik yang layak diberi acungan jempol.

Selain terkonsep dari segi komposisi musik, Zoo juga tidak melupakan peran lirik dalam lagu. Semua lirik yang mereka tulis berkisar tentang peradaban modern yang semakin menjauhkan manusia dari alam dan lingkungannya. Kemudian, untuk mempertahankan ciri khas yang unik dari komposisi nada lagunya mereka mengemas lirik-lirik tersebut dalam bentuk puisi.

Untuk pengaruh etnik terdengar sekali di awal-awal lagu Takluk. Sedang di pertengahan lagu hingga usai jadi sangat terdengar rumit dan susah diterka keliaran nadanya. Sedangkan ambiensi berisik dan noisy terdengar di lagu pertama yang singkat: Manekin Bermesin. Walaupun lagu lain tak kalah rumitnya.

Sebagai informasi, mereka akan segera merampungkan album perdananya bertitel Keringat , Nafas, Dengung. Materinya tetap kencang namun dengan balutan etnis yang lebih kental. Patut dinanti!

Teks: Zelva Wardi

Zoo – Kebun Binatang Download via Yes No Wave

Zoo adalah:

RULK – Vokal, Djembe
BHKT – Bas
OBT – Drum
DMX – Drum (Track 06)

Track List:
01. Manekin Bermesin
02. Menyudahi Gelap
03. Kupu-Kupu
04. Lalat-Lalat
05. Takluk
06. Eskalator

Iklan

4 comments on “ZOO – Kebun Binatang

  1. nadja
    Januari 7, 2009

    maaf, tapi kalau sudah pernah mendengarkan RUINS dari Jepang, Zoo musiknya sama persis. mereka memang bilang terpengaruh, tapi kok hasilnya agak keterlaluan 11-12 ya.

    • rebelzine
      Januari 8, 2009

      Ya, secara influensial RUINS memang mempengaruhi ZOO. Namun di luar itu setidaknya ZOO memiliki konsep yang jelas dengan tidak hanya mengandalkan dari segi musikalitas ala RUINS. Mereka berani bereksperimentasi dengan mempadukan konsep (non musik) dengan musik seperti itu di tengah pangsa telinga penikmat musik Indonesia yang sebagian bisa dibilang itu-itu saja. Bicara 11-12 dengan RUINS itu dikembalikan kepada pendengar. 🙂

      Tengkyu. Sering-sering komen ya. 😀

  2. Dede
    Januari 14, 2009

    Selain keliatan bgt kepengaruh ama RUINS, keliatan juga pengaruh dari NAKED CITY, MR.BUNGLE, FANTOMAS, dan ben2x SKIN GRAFT 🙂

    • rebelzine
      Januari 14, 2009

      Betul banget ‘de..hehe..keep in touch 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 26, 2008 by in RESENSI ALBUM and tagged , , .
%d blogger menyukai ini: